Sunday, February 10, 2019

Cara Memilih Gaya Rambut




Pertimbangkan Bentuk Wajah Anda Untuk Menentukan Panjang Rambut

Jika Anda sedang ingin mencoba gaya rambut baru, Anda perlu mempertimbangkan tekstur rambut, fitur, dan bentuk wajah sebelum membuat keputusan. Anda mungkin sangat ingin meniru potongan rambut pixie teman Anda atau gaya cascade kakakmu dengan beachy waves.

Namun yang teramat penting adalah memikirkan gaya rambut yang paling sesuai dan tampak indah untuk Anda. Baik jenis rambut Anda kasar atau halus, keriting atau lurus, pasti ada gaya di luar sana yang sesuai untuk Anda yang akan membuat orang-orang berpaling pada Anda.

1. Pilih potongan rambut yang akan menunjang bentuk wajah Anda.

Biasanya, aturan yang baik untuk diikuti adalah gaya rambut Anda harus bertolak belakang dengan bentuk wajah Anda. Misalnya, jika Anda memiliki wajah persegi, Anda harus menyeimbangkan sudut tajam wajah Anda dengan rambut layers (berlapis-lapis) ringan atau bergelombang.

Mengenali bentuk wajah Anda dapat membantu Anda membuat keputusan yang penuh percaya diri mengenai gaya rambut yang sebaiknya dipilih. Untuk mengetahui bentuk wajah Anda, tarik atau sisir rambut Anda menjauhi wajah.

Berdirilah di depan cermin sehingga Anda dapat melihat wajah Anda langsung berhadapan, bukan dari arah sisi. Gunakan penanda yang dapat dicuci, baik itu lipstik atau sudut butter persegi panjang yang dingin atau benda lain yang mudah dicuci, dan lukis sekeliling tepi wajah Anda di cermin.

2. Cari karakteristik wajah yang ‘bulat.

Wajah bulat ditandai dengan garis melengkung halus yang tidak terputus serta dagu yang bulat. Dahi dan dagu keduanya agak lebar, dengan tulang pipi yang sedikit lebih lebar.

Potongan rambut yang akan menunjang fitur Anda adalah: Panjang, bobs berlapis yang jatuh tepat di bawah dagu, edgy bobs berlapis, rambut berponi, dan rambut berlapis yang jatuh ke bahu Anda.

Gaya yang akan menyanjung fitur rambut Anda adalah: Rambut keriting atau gelombang yang dibuat dengan besi pengeriting, rambut klasik yang dinaikkan ke atas (updo) dengan poni tebal menyamping, dan poni yang sangat panjang.
Hindari potongan dengan panjang yang sama, potongan sama rata seperti gaya bob klasik.

3. Mengenali wajah Anda yang 'persegi'. 

Wajah persegi memiliki rahang lebar bersiku, tulang pipi dan dahi yang lebar.
Potongan rambut yang akan menyanjung fitur wajah Anda adalah: potongan panjang dan licin, halus dengan graduated layers yang dimulai dari rahang Anda, bobs bersudut dengan rambut yang lebih panjang di bagian depan,rambut dengan layers asimetris dan bertekstur, serta poni yang melewati mata Anda.

Gaya rambut yang akan menyanjung fitur wajah Anda adalah: Bereksperimenlah dengan gaya keriting. Untuk updo, cobalah tarik rambut Anda ke belakang menjadi gaya kuncir ekor kuda yang rapih atau digelung (ini akan memamerkan rahang besar Anda).
Hindari gaya potongan sama rata dan gaya rambut bob sama panjang yang menyoroti rahang bersiku Anda, alih-alih mengecilkannya.

4. Kenali wajah Anda yang oval. 



Wajah oval mirip dengan proporsi wajah bulat, tetapi lebih memanjang. Dagu dan dahi lebarnya kurang lebih sama, dengan tulang pipi sedikit lebih lebar dan garis-garis halus turun ke arah dagu.

Potongan rambut yang akan menyanjung fitur rambut Anda: Jenis wajah oval biasanya sesuai untuk berbagai macam potongan rambut. Cari fitur terbaik Anda dan sorot dengan gaya rambut Anda. 

Struktur tulang yang besar? Pertimbangkan gaya bob bersudut yang melengkapi dagu Anda. Mata yang cantik? Poni sama rata atau menyapu ke samping akan menarik perhatian.
Gaya rambut yang akan menyanjung fitur Anda: Gaya updo seperti French twist.

5. Menentukan fitur wajah 'berbentuk hati.

Wajah berbentuk hati didefinisikan terutama oleh titik-y, dagu yang sempit dan dahi lebar. Tulang pipi lebarnya bisa sama dengan dahi atau sedikit lebih lebar.

Potongan yang akan mempercantik fitur Anda: Tarik perhatian menjauh dari dagu dengan poni menyamping ke tepi atau poni sebatas alis mata. Gaya rambut pendek juga merupakan pilihan yang baik. Hindari rambut lapisan berombak yang mengenai daerah dagu.


Gaya rambut yang akan menyanjung fitur Anda: Cobalah swept back updo untuk menambah volume ke bagian atas rambut Anda.
Hindari gaya rapi disisir ke belakang yang menghilangkan volume rambut Anda.

6. Menentukan wajah yang berbentuk 'segitiga. 



Wajah segitiga adalah persis kebalikan dari wajah berbentuk hati. Ini berarti bahwa mereka memiliki, rahang luas bersiku yang menyempit ke dahi yang kecil.

Potongan yang akan menyanjung fitur Anda: Potong dengan bentuk poni besar menyamping ke tepi wajah yang mengecilkan rahang Anda. Potongan rambut pendek dengan volume yang tebal juga ideal untuk wajah segitiga. Anda juga dapat memilih potongan rambut panjang, asalkan sampai ke tulang selangka atau lebih ke bawah lagi.

Gaya yang akan menyanjung fitur Anda: Coba kunciran ekor kuda longgar yang akan memungkinkan rambut Anda bermain di sekitar wajah Anda.
Cobalah untuk menghindari updo yang disisir rapih ke belakang sehingga menarik rambut dari wajah Anda.

7. Perhatikan jika Anda memiliki wajah 'berlian. 

Wajah berbentuk berlian memiliki tulang pipi yang luas, diawali dengan dengan dagu dan dahi yang sempit.

Potongan rambut yang akan menyanjung fitur Anda: Cobalah poni lurus yang penuh untuk menambah lebar daerah dagu, seperti potongan bob sepanjang pipi.

Gaya rambut yang akan mempercantik fitur Anda: Coba kunciran ekor kuda tinggi atau gelungan jika Anda memiliki poni.

Hati-hati dengan gaya rambut yang menjatuhkan sebagian rambut ke bagian tengah atau menjadikan kepala bagian atas Anda bertambah tinggi.

8. Menentukan jenis wajah yang 'panjang.

Wajah yang panjang mempertahankan proporsi yang sama di seluruh wajah. Ini berarti bahwa dahi, tulang pipi dan dagu memiliki kira-kira ukuran luas yang sama sempitnya.

Potongan yang akan menyanjung fitur Anda: Poni sepanjang alis, poni menyamping atau bob sepanjang dagu, sangat ideal untuk menciptakan ilusi yang lebar. Pendekkan selalu rambut Anda jangan dipanjangkan karena akan cenderung membuat wajah Anda bertambah panjang.

Gaya rambut yang akan menyanjung fitur Anda: rambut keriting dan bergelombang sangat sesuai untuk menambah lebar wajah.
Hindari gaya ekstrim dan potongan yang lebih panjang dari tulang selangka.

Pertimbangkan Tekstur Rambut Untuk Menentukan Potongan Rambut Anda

1. Pilihlah gaya rambut yang sesuai dengan tekstur rambut Anda. 

Rambut terdiri dari berbagai tekstur -- dari rambut tipis lemas dan halus hingga rambut keriting dan rambut kasar yang melantun – oleh sebab itu Anda sebaiknya menggayakan rambut dengan tepat.
Misalnya, potongan rambut cepak, pendek dan tipis mungkin sesuai untuk rambut lurus dan tipis tetapi tidak sesuai untuk yang berambut tebal dan 

2. Pilihlah gaya untuk rambut tipis. 

Jika Anda memiliki rambut tipis dengan tekstur halus, hindari memakai gaya panjang apa adanya yang dapat membuat Anda tampak kekanak-kanakan. Sebaliknya, pilih potongan berlapis-lapis yang menampakkan volume dan coba potongan pendek sampai ke bahu atau lebih ke atas lagi.
Sebaiknya hindari potongan poni apa adanya; sebaliknya pilih tampilan poni yang menyapu ke tepi.

3. Menggayakan rambut tebal Anda. 

Jika Anda memiliki rambut tebal, kasar dengan ikal atau gelombang alami, jangan dipotong terlalu pendek -- rambut Anda akan tampak seperti "pohon Natal" yaitu rambut yang penuh dan lebat di bagian bawah sebelum meruncing ke arah kepala. 

Rambut yang rentan menjadi keriting biasanya perlu dipanjangkan sedikit supaya jatuh ke bawah.
Pertimbangkan potongan rambut yang dimulai dari dagu atau di bawah dagu, dan lebih panjang lagi jika rambut Anda lebih keriting

4. Perhatikan bahwa rambut yang agak tebal sesuai untuk banyak gaya. 



Jika rambut Anda agak tebal dengan tekstur "normal", Anda dapat menggunakan potongan pendek atau panjang. Bereksperimenlah dengan rambut Anda dan jangan lupa menyesuaikannya dengan bentuk wajah..

1. Mainkan kekuatan Anda. 

Potongan rambut yang baik harus menyorot perhatian pada hal yang Anda sukai tentang diri Anda. Pada akhirnya potongan rambut atau gaya rambut harus membuat Anda percaya diri dan menarik, sehingga sesuai dengan apa yang Anda harapkan.

Misalnya, jika Anda menyukai leher Anda yang panjang, cobalah potongan rambut pendek atau updo tinggi untuk memamerkan leher Anda.
Untuk menarik perhatian pada mata Anda, coba poni sepanjang alis yang menyorot mata Anda.

2. Tutupi kelemahan Anda. 

Potongan rambut yang tepat dapat membantu Anda menyembunyikan atau mengecilkan fitur yang Anda tidak sukai.

Jika Anda memiliki telinga lebar, hindari potongan yang terlalu pendek serta ekor kuda yang sangat tinggi dan gaya digelung (atau, untuk laki-laki, biarkan tepi rambut sedikit lebih panjang untuk menciptakan ilusi lebar yang sebanding di sekitar telinga).

Jika Anda memiliki dahi yang luas dan dalam, Anda dapat menutupinya dengan poni.
Jika Anda tidak menyukai panjang leher Anda, sembunyikan dengan layers panjang.

3. Pertimbangkan untuk menambahkan sedikit warna pada rambut (opsional).



Mewarnai rambut pemeliharaannya cukup rumit, tetapi juga dapat membantu meratakan corak kulit Anda dan meningkatkan penampilan Anda secara keseluruhan. 

Memilih warna dan corak yang tepat bisa jadi menyulitkan, sebaiknya berbincanglah dengan penata rambut Anda mengenai warna yang sesuai dengan corak kulit Anda.

Jika Anda ingin membaca lebih lanjut tentang warna rambut yang mempercantik jenis kulit tertentu, klik di sini.

1. Coba bereksperimen dengan rambut Anda. 

Meskipun mempertimbangkan bentuk wajah dan tekstur rambut dalah hal yang penting, Anda juga sebaiknya berani bereksperimen dengan rambut Anda untuk memilih jenis gaya yang paling Anda sukai. Berdirilah di depan cermin dan coba berbagai macam gaya, atau tekuk rambut Anda ke atas untuk membayangkan jika memiliki rambut yang pendek. 

Coba luruskan rambut Anda, atau mengeritingnya untuk melihat apakah Anda menyukainya. Untuk pria, cobalah spiking, menajamkan di bagian atas atau slicking, disisir rapih ke arah belakang.

Yang paling penting adalah, Anda sebaiknya mendapatkan potongan rambut yang menimbulkan rasa percaya diri dan bahagia, terlepas apakah gaya tersebut mempercantik penampilan Anda. Potongan rambut Anda semestinya menjadi preferensi pribadi Anda.

2. Perhatikan foto-foto selebriti dengan bentuk wajah yang sama seperti Anda.

Carilah bentuk wajah Anda lewat online dan telusuri gambar orang-orang yang memiliki bentuk wajah yang sama. Pikirkan jenis potongan rambut apa yang orang-orang tersebut miliki, dan apakah Anda juga menginginkan potongan rambut seperti itu.

Jika Anda menemukan yang Anda sukai, cetak gambar tersebut dan bawa ke penata rambut langganan Anda.

3. Bicarakan ke penata rambut profesional. 

Jika Anda mengalami kesulitan mencari tahu apa gaya rambut yang Anda inginkan, buatlah janji dengan penata rambut untuk mendiskusikan variasi gaya rambut yang mungkin sesuai untuk Anda. Anda tidak perlu memotong rambut saat itu juga, tetapi mendapatkan nasihat dari ahlinya dapat membantu Anda untuk membuat keputusan.

4. Pertimbangkan tentang pemeliharaan rambut. 



Pertimbangkan berapa banyak waktu yang ingin Anda luangkan untuk menata rambut setiap hari. Jika Anda tidak suka menghabiskan waktu lebih dari lima menit untuk mengurus rambut Anda di pagi hari, maka Anda mungkin tidak senang dengan rambut yang harus diluruskan atau digulung setiap hari.

Ingatlah untuk tampilan rambut pendek, Anda harus memotong rambut setiap tiga atau empat minggu sekali untuk mempertahankan bentuknya.
Rambut panjang, di sisi lain, bisa enam hingga delapan minggu tanpa trim, 

5. Kumpulkan semua aspek yang ada. 

Setelah Anda mengevaluasi bentuk wajah, tekstur rambut, fitur wajah dan pemeliharaan, mulailah memilih gaya rambut yang Anda rasa dapat menggabungkan semua aspek tersebut.

Mencari kompromi. Misalnya, jika Anda telah menemukan potongan rambut panjang yang benar-benar hebat dan sesuai untuk wajah persegi Anda, tetapi di sisi lain Anda khawatir memanjangkan rambut Anda yang tipis, tanyakan pada penata rambut Anda jika ada cara untuk menambah volume rambut Anda. Dia akan senang memenuhi keinginan Anda dan mencari desain yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tips

Pelihara rambut Anda. Trim ujung rambut yang bercabang sesegera mungkin, dan hindari memaparkan rambut Anda pada suhu yang panas karena penggunaan pengering rambut atau besi pengeriting rambut yang terlalu sering.

Jika Anda memiliki rambut panjang yang rusak, pertimbangkan gaya rambut pendek yang sesuai dengan wajah Anda karena rambut yang pendek cenderung lebih sehat sebab perlu lebih sering melakukan trim.

Terkecuali untuk orang-orang dengan rambut yang super tipis dan berminyak, kebanyakan dari kita tidak perlu mencuci rambut setiap hari. Cobalah mencuci setiap selang sehari dan gunakan sikat bulu babi hutan untuk menghilangkan minyak, atau sampo kering untuk mengangkat gelombang rambut yang sudah tidak lagi menarik. Rambut Anda akan mulai nampak lebih bersinar dan tidak terlalu kusut.

Cari penata rambut yang baik. Setelah Anda menemukan penata rambut yang dapat Anda percayai, memotong rambut tidak akan lagi menjadi kegiatan yang memusingkan. Lakukan penelitian dan temukan penata rambut profesional sekaligus berkualitas yang bersedia untuk mendengarkan ide-ide Anda dan secara akurat pandai menilai kebutuhan Anda. Mungkin biaya di awal akan jauh lebih tinggi, tetapi Anda akan menghemat uang dalam jangka panjang karena Anda tidak perlu datang ke penata rambut lain untuk memperbaiki potongan rambut yang kurang sesuai.

Peringatan

Rambut keriting atau berat bergelombang kurang sesuai menggunakan poni pendek. Pilih gaya rambut berponi hanya jika Anda ingin meluruskannya setiap hari.

Sumber artikel

No comments:

Post a Comment