Wednesday, February 6, 2019

TIPS MENJAGA RAMBUT YANG DI CAT WARNA GELAP AGAR TIDAK MEMUDAR

Mencat rambut di salon tidaklah murah, jadi saat Anda mendapatkan warna yang sempurna, pasti Anda ingin membuatnya bertahan selama mungkin. Rambut yang dicat warna gelap mudah sekali memudar padahal belum saatnya Anda mencatnya lagi. 

Namun, jangan khawatir. Dengan mengetahui cara untuk mempertahankan warna rambut, Anda bisa membuatnya bertahan lebih lama!

1. Jangan menyampo rambut selama 72 jam.



Salah satu kesalahan pertama dan terbesar yang bisa Anda lakukan saat menangani rambut yang dicat adalah menyamponya terlalu cepat setelah mengecatnya. Proses pengecatan rambut membuka lapisan kutikel rambut, yang merupakan tempat di mana cat berada.

Salah satu langkah pertama untuk mempertahankan warna adalah memberikan waktu cukup banyak kepada lapisan kutikel rambut untuk menutup secara saksama sebelum mencucinya. Oleh karena itu, Anda harus menunggu 72 jam setelah mengecat rambut sebelum mencucinya.


Seperti yang banyak orang sudah ketahui, cat rambut luntur secara alami saat lapisan kutikel belum menutup. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengenakan pakaian berwarna gelap dan memasang sarung bantal berwarna gelap dalam periode ini agar tidak menodainya.

2. Cuci rambut lebih jarang.

Saat lapisan kutikel sudah menutup, sampo menyebabkan rambut untuk mengembang dan memungkinkan warna untuk luntur. Dengan mencuci rambut lebih jarang, Anda bisa melindungi warnanya.

Jika rambut Anda berminyak dan tidak suka jika harus mencuci rambut lebih jarang, gunakan sampo yang dirancang khusus untuk rambut yang diwarnai atau sampo kering. Ini memungkinkan Anda untuk membersihkan rambut tanpa harus mengunakan air dan busa dari sampo.

3. Gunakan sampo dan pelembap rambut yang aman untuk rambut berwarna. 

Saat Anda mencuci rambut di kamar mandi, gunakan sampo yang dirancang khusus untuk mempertahankan rambut yang dicat. Kebanyakan perusahaan menawarkan satu lini sampo dan pelembap rambut yang dirancang untuk melindungi warna rambut. Produk ini membantu menutup kutikel rambut, sehingga cat tidak keluar dari helai rambut.


Selain menggunakan produk yang melindungi warna rambut, sebaiknya Anda menghindari sampo jenis clarifying karena bisa menyingkirkan minyak dari helai rambut dan mempercepat pudarnya warna. 

Beberapa penata rambut mungkin menyarankan Anda untuk menggunakan sampo jenis ini satu hari sebelum mewarnai ulang rambut, karena sampo ini membantu menyingkirkan cat yang lama dan mempersiapkan rambut untuk cat yang baru.


Anda bisa menggunakan produk seperti pelembap rambut Aveda Clove Color. Produk ini dan produk yang serupa mengandung sedikit pewarna rambut dan mengendapkan pewarna ini pada rambut. Proses ini bernama micro-recoloringyang berarti proses pewarnaan kembali dalam skala kecil. Pastikan Anda menggunakan produk yang sesuai dengan warna rambut Anda.

4. Hindari membilas dengan air panas.



Air panas dapat membuka pori-pori kulit, begitu juga dengan kutikula rambut sehingga pewarna rambut bisa keluar. 

Memang tidak semenyenangkan penggunaan air panas, tetapi jika And menggunakan air dingin atau air hangat-hangat suam kuku untuk membasahi dan membilas rambut, warna rambut pun menjadi bertahan lebih lama. 

Selain menghindari air panas, sebaiknya Anda jangan membilasnya secara berlebihan. Saat Anda sudah membilas sampo dan pelembap secara saksama dari rambut Anda, jangan mengarahkan kepala ke belakang dan membiarkan air terus mengucur ke rambut karena hal ini dapat perlahan-lahan memudarkan warna rambut.

5. Keringkan rambut dengan lembut. 

Banyak orang mungkin sudah menyadari bahwa mengeringkan rambut yang diwarnai dengan handuk dapat merusak rambut. Jika Anda mengeringkan rambut dengan handuk dengan kasar, Anda pun menggesek pewarna rambut dari kutikel yang sudah terbuka saat Anda keramas. 

Dengan mengeringkan rambut selembut mungkin dan mengandalkan angin untuk mengeringkannya secara alami, tidak begitu banyak pewarna rambut yang tergesek oleh handuk.

6. Coba pasang sistem pemurnian air. 

Kebanyakan dari kita tinggal di lokasi di mana airnya mengandung banyak mineral. Jika Anda sering mewarnai rambut dan tidak keberatan dengan biaya yang dikeluarkan, mungkin Anda bisa memasang sistem pemurnian air di kamar mandi. 

Sistem ini bisa menghilangkan mineral dan sedikit klorin yang keluar dari air. Baik mineral dan klorin bisa menghilangkan pewarna dari rambut

1. Jangan terlalu sering menggunakan catok pengeriting, catok pelurus rambut dan alat pengering rambut. 



Rambut yang diwarnai biasanya lebih rapuh sehingga lebih rentan terhadap panas. Coba untuk tidak menggunakan alat-alat penata rambut ini secara berlebihan saat menata rambut agar rambut tetap sehat dan warna tidak semakin luntur. 

Jika tatanan rambut yang Anda pilih harus dibuat dengan alat ini, pastikan Anda mengoleskan produk pelindung rambut dari panas terlebih dahulu.

2. Gunakan produk yang aman untuk rambut yang diwarnai. 

Kebanyakan bahan dalam produk rambut ini bisa membuat rambut menjadi kering, memutihkan rambut atau mengikis warna rambut. Cari produk yang amat untuk rambut diwarnai dan hindari produk yang mengandung alkohol, peroksida atau amonia.

Selain penggunaan produk yang aman untuk warna, sebaiknya Anda menggunakan produk yang sesuai dengan tipe rambut Anda—halus, tebal, berminyak, kering, dan sebagainya—karena produk ini bisa membuat rambut menjadi lebih sehat dan mengatasi rambut kering dan rapuh sebagai akibat pewarnaan rambut secara umumnya.
3. Gunakan masker rambut sekali seminggu. 

Menjaga agar rambut tetap lembap dan mencegah rambut yang diwarnai untuk tidak menjadi kering secara berlebihan sasngatlah penting untuk menjaga kesehatan rambut. Dengan menggunakan masker rambut sekali seminggu, Anda bisa membantu melindungi rambut yang dicat warna gelap. 

Pastikan produk yang Anda gunakan bebas paraben dan mengandung lidah buaya, dan biarkan masker rambut tetap berada pada rambut selama satu jam sambil mengenakan topi mandi untuk membuat masker bekerja secara efektif untuk menyerap ke dalam rambut.


Jika Anda lebih menyukai perawatan hot oil atau minyak panas daripada masker rambut, Anda bisa menggunakannya. Tetapi jangan menggunakan keduanya kecuali Anda memiliki rambut yang sangat kering karena penggunaan kedua produk ini bisa membuat rambut menjadi sangat berminyak

4. Hindari kebiasaan memaparkan rambut terlalu sering kepada sinar matahari.

Sinar UV adalah salah satu musuh terbesar rambut yang diwarnai. Pasti Anda memiliki keinginan untuk memamerkan rambut indah di bawah sinar matahari, tetapi usahakan untuk meminimalisir paparan sinar ini kepada rambut.[19] Gunakan hal ini sebagai alasan untuk memamerkan topi musim panas Anda yang cantik.

5. Gunakan produk tanpa bilas yang bisa menyerap UV. 

Tentu saja tidak ada orang yang mau menghindari sinar matahari secara permanen. Walaupun tidak seefektif penggunaan topi atau menghindari sinar UV, Anda bisa menggunakan produk tanpa bilas yang bisa menyerap UV untuk membantu menyaring sinar UV.[20]
Untuk menyerap UV secara efektif, gunakan produk dengan benzofenon-3 atau -4, polyquaternium-59, cinnamidopropyltrimonium chloride, atau butyl methoxydibenzoylmethane.

6. Jauhi klorin. 



Saat cuaca lagi panas, Anda begitu tergoda untuk masuk ke dalam kolam renang walaupun klorin itu sangat tidak bagus untuk rambut yang diwarnai. Jika Anda tidak bisa menampik keinginan ini, sebelum berenang, bilas rambut dengan air segar terlebih dahulu. 

Dengan membasahi rambut dengan air biasa terlebih dahulu, Anda pun membatasi penyerapan klorin saat sedang berenang. Membilas rambut dari air yang terpapar klorin secepatnya setelah keluar dari kolam berenang juga bisa membantu, tetapi sebaiknya Anda menghindari paparan terhadap air dengan klorin ini sebisa mungkin

Tips

Tidak peduli langkah apa yang Anda ambil untuk melindunginya, cat rambut berwarna merah adalah cat yang paling mudah luntur karena bahan yang terkandung. Pigmen warna merah lebih besar daripada pigmen warna cokelat dan hitam. Selain itu, pigmen ini juga lebih tidak stabil.

Penting juga untuk menyiapkan rambut untuk diwarnai sebelum melakukannya. Satu minggu sebelumnya, lakukan perawatan deep conditioning atau pelembapan secara saksama dan gunakan sampo jenis clarifying satu hari sebelum mewarnai. Kedua hal ini sangatlah bagus untuk menyiapkan rambut agar siap diwarnai.

Hal yang Anda Butuhkan

Sampo dan pelembap rambut yang melindungi warna
Masker rambut atau perawatan hot oil yang bebas paraben
Produk yang aman untuk rambut berwarna
Produk yang menyerap UV

No comments:

Post a Comment